Selamat datang

Penyejuk Hati membimbing anda menuju ketentraman....

Berkah Herbal

Kunci Sehat dan Sukses

Minggu, 26 Juni 2011

SURAH AR-RAHMAN

Diantara Surah-surah Al-Qur’an ada yang bernama surah Ar-Rahman, surah ini diturunkan di Madinah dan berjumlah tujuhpuluh delapan ayat.
“ Dialah Tuhan yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan Al-Qur’an. Yang telah menciptakan manusia. Yang mengajarkan kepada manusia itu keterangan.”

Rasulullah saw bersabda yang artinta:
“ Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pengantennya dan penganten Al-Qur;an adalah Arrahman.”
Dalam Hadist lain Rasulullah saw bersabda yang artinya:
“ Orang yang membaca surah Al-Hadid dan surah Al-Waqi’ah dan surah Ar-Rahman dalam suatu kesempatan, maka dipanggil dia pada kerajaan langit dan bumi sebagai oran yang menempati surga firdaus nantinya.”
Biasanya kita mengartikan Ar-Rahman dengan pengasih penyayang atau pemurah, karena hanya itu kalimat yang ringkas yang mampu kita ucapkan untuk menterjemahkannya, namun sebenarnya Ar-Rahman itu mempunyai arti yang sangat luas tentang bagaimana kasih sayang Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya.
Al-Imam Al-Ghazali ra mengatakan: Ar-Rahman itu artinya Tuhan yang maha Pengasih Penyayang kepada hamba-hamba-Nya.
Pertama dengan menciptakan hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih sayang.
Kedua dengan memberikan petunjuk iman dan sebab-sebab keberuntungan.
Ketiga dengan dijadikan orang yang beruntung.
Keempat dengan memandang Dzat yang mulia disurga nanti.

Ar-Rahman itu adalah nama yang khusus hanya bagi Allah SWT, tidak boleh (haram) diberi nama seorang juapun dari makhluk Allah SWT, baik itu manusia, binatang, benda-benda seperti mesjid, madrasah, toko dan yang lainnya.
Jangankan manusia biasa, Rasulullah pun tidak diberi Allah nama Ar-Rahman ini, padahal bukan main kasih sayangnya Rasul kepada ummatnya. Orang yang meludahi dibalas beliau dengan senyum, orang yang melempari beliau dengan batu malah dido’akan agar diberi hidayah. Bagaimana sayangnya Rasul kepada ummatnya hanya diberi Ar-Rahim tidak Ar-Rahman.
Imam Fakhrurrazi mengatakan, “Ar-Rahman itu adalah Dzat yang memberikan ni’mat yang mana tidak dimungkinkan manusia memberikan ni’mat seperti itu.”

Tidak ada komentar: