Selamat datang

Penyejuk Hati membimbing anda menuju ketentraman....

Berkah Herbal

Kunci Sehat dan Sukses

Sabtu, 11 Juni 2011

“HAI ANAKKU”


Al-Imam Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al-Ghazzali memberi nasehat kepada muridnya:
Hai Anakku….
Memberikan nasehat itu mudah, tetapi sulit (mencari orang yang mau) menerimanya. Bagi orang yang selalu memperturutkan hawa nafsu, nasehat itu terasa pahit. Ia menyukai hal-hal yang dilarang Allah, khususnya orang-orang yang hanya menuntut Ilmu rasami (lahir) saja dan yang menyibukkan diri mengejar kemuliaan diri dan kemegahan dunia.
Ia menyangka bahwa hanya dengan berbekal ilmu saja tanpa amal, ia dapat selamat. Ini adalah keyakinan kaum filosof. Subhanallahil adzim…! Ia tidak sadar jika ia tertipu, bahwa jika dia tidak mengamalkan Ilmu yang telah diperolehnya, maka yang demikian iti akan menjadi alasan yang kuat bagi Allah untuk menghukumnya. Rasulullah bersabda yang artinya:
orang yang paling pedih siksanya pada hari qiamat adalah orang Alim yang Allah tidak memberi manfaat dengan ilmunya”.(HR Thabrani)
Diriwayatkan bahwa sepeninggal Imam Junaid, semoga Allah mensucikan rohnya, seseorang melihat beliau dalam mimpinya, lalu dia bertanya, “Wahai Abal Qasim, bagaimana kabarmu,?” Ia menjawab, “telah hilang ibarat, telah lenyap isyarat, tidak ada yang bermanfaat bagi kami kecuali beberapa rakaat yang kami lakukan ditengah malam.

Wallahu A’lam

Tidak ada komentar: