Selamat datang

Penyejuk Hati membimbing anda menuju ketentraman....

Berkah Herbal

Kunci Sehat dan Sukses

Minggu, 26 Juni 2011

KEWAJIBAN ORANG TUA KEPADA ANAKNYA

Amierul Mu’minien Umar bin Khathab ssebagai khalifah pernah didatangi seorang bapak yang melaporkan kedurhakaan anaknya, anak tersebut dihadirkan dihadapan Khalifah Umar. Beliau berbicara panjang lebar tentang kewajiban-kewajiban seorang anak kepada bapaknya dan memberinya nasehat dan peringatan betapa besar dosa seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya.
Sesudah itu sianak angkat bicara, “ Wahai Khalifah Umar yang mulia kalau tadi engkau jelaskan kewajiban seorang anak kepada orang tuanya lalu apakah ada kewajiban orang tua terhadap anaknya?” Khalifah Umar menjawab “tentu ada juga” lalu anak itu berkata “ tolong jelaskan apa saja agar ayahku mendengar” sahutnya.
Khalifah Umar menjelaskan kewajiban seorang ayah kepada anaknya antara lain yaitu, memilih calon dari ibunya dari wanita baik-baik, memberinya nama yang baik dan mengajarinya Al-Qur’an. Mendengar yang demikian sianak kembali bicara “ Wahai Khalifah, ayahku tidak berbat satupun diantara yang engkau sebutkan tadi, Ibuku seorang budak yang non muslimah, nama yang diberikannya kepadaku ialah Ju’alah(kelalawar) dan ia tidak pernah mengajariku Al-Qur’an.”
Mendengar jawaban sianak tadi Khalifah Umar berpaling kepada orang tua sianak tersebut seraya berkata “Wahai laki-laki, engkau datang kepadaku melaporkan kedurhakaan anakmu sedangkan engkau sendiri telah mendurhakai anakmu sebelum dia durhaka kepadamu.”

Barangkali hal ini banyak terjadi ditengah-tengah masyarakat kita, kita selalu menuntut anak berbakti kepada orang tuanya tetapi kita tidak mencontohkan dan mengajarkan bagaimana berbuat baik kepada orang tua, malah sebaliknya kita telah berbuat jelek terhadap anak-anak kita.
Nabi SAW sangat sayang kepada generasi muda, diantara sekian banyak hadist yang beliau tuturkan, beliau mewasiatkan tentang anak, bahwa hak anak dari orang tuanya(kewajiban orang tua terhadap anak) memberi nama yang baik, mendidiknya adab yang baik juga mengajarkan Kitab suci Al-Qur’an, memberinya makanan yang halal dan bergizi dan mengawinkannya bila saatnya tiba. Jangan menuntut/berharap sesuatu yang baik dari anak kalau kita tidak menanamkan kebaikan itu kepadanya.

Tidak ada komentar: