Selamat datang

Penyejuk Hati membimbing anda menuju ketentraman....

Berkah Herbal

Kunci Sehat dan Sukses

Selasa, 06 September 2011

MEMAHAMI BENCANA

Bencana, malapetaka, dan kesusahan hidup mencari kehidupan bisa menimpa siapa saja, yang demikian bisa merupakan suatu hukuman, peringatan atau ujian dari Allah SWT, tergantung bagi yang menerimanya.
Bencana bisa terjadi karena kemaksiatan dan kedurhakaan manusia terhadap Tuhannya hal ini terbukti dalam rentetan peristiwa dan tragedi sejarah kehidupan manusia seperti yang ditimpakan kepada kaum Ad, Tsamud dan lainnya. Negeri Saba misalnya adalah negeri yang subur dan makmur dimana-mana terbentang kebum yang menghijau namun karena mereka tidak bersyukur seperti yang diperintahkan Allah SWT, peteka pun dating berupa banjir besar yang meluluh lantakan negeri mereka. Yang demikian disebut sebagai hukuman dari Allah SWT.
Bencana, bisa menimpa kepada manusia yang kadang ta’at kadang maksiat , itu namanya peringatan dari Allah SWT,dan bencana bisa pula datang kepada orang-orang sholeh dan ta’at kepada Allah SWT, yang demikian disebut ujian, seperti musibah yang ditimpakan kepada Nabi Yusuf AS. Betapa menderitanya beliau ketika dibuang oleh saudara-saudara beliau kedalam sumur yang jauh dari perkampungan. Begitu pula musibah-musibah yang ditimpakan kepada Nabi lainnya dan mereka berhasil menghadapi ujian-ujian tersebut sehingga mereka punya martabat dan kedudukan yang tinggi dan mulia disisi Allah SWT. Hanya kita yanhg bias mendeteksi setiap bencana yang ditimpakan kapada kita apakah itu berupa hukuman, peringatan atau ujian.
Apa yang kita alami di negeri kita ini seperti tsunami, banjir banding, longsor, gempa, meletusnya gunung merapi, kerusuhan, menyebarnya berbagai macam penyakit, naiknya harga-harga kebutuhan pokok, langkanya BBM, hasil panen tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, semua itu tidak lepas dari salah satu yang diatas, yskni hukumsn, peringatan atau ujian dari Allah SWT.
Bagi mereka yang meresa bancana itu sebagai hukuman maka segeralah kembali kejalan Allah SWT, karena kesempatan untuk itu selalu terbuka lebar, dan bagi mereka yang meresa bencana itu peringatan dari Allah SWT maka segeralah sadar dan memperbaiki diri dan bagi mereka yang merasa bencana itu sebagai ujian maka ridhalah dengan semua itu dan raihlah kesempatan ini untuk mencapai kedudukan marabat yang lebih tinggi lagi disisi Allah SWT.

Tidak ada komentar: